Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Rakor Penanganan Pemakaman Jenazah Covid-19 di Bangli

(Diviantav/Loreng NTT)

Bangli - Menindak lanjuti Surat Ketua Harian Tugas Percepatan  Penanganan Covid 19 Provinsi Bali No : 281/GUGASCOVID19/VI/2020 tanggal 21 Juni 2020 tentang penanganan Jenazah Covid 19 dan Surat No 290/GUGASCOVID19/VI/2020 tanggal 23 Juni 2020 tentang penertiban pelaksanaan Protokol kesehatan di pasar tradisional, Dandim 1626/Bangli selaku Wakil ketua Gugus tugas pencegahan Covid 19 Kabupaten Bangli memimpin rapat koordinasi terkait langkah antisipasi apabila terjadi kasus Covid 19 yang meninggal dunia.

Rapat yang digelar di ruang Transit Kodim 1626/Bangli dilaksanakan Senin 6 Juli 2020 dihadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar SH. M.Hum, FKPD Kabupaten Bangli , Para Pimpinan OPD terkait Pemda Bangli, Muspika sekabupaten Bangli, Tokoh agama dan pengelola Pasar Tradisional yang ada di wilayah Bangli.

Dalam paparannya Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr. ( Han)., menjelaskan menindak lanjuti Surat dari gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Provinsi Bali forkopimda Bangli menggelar rapat antisipasi jika terjadi kasus meninggal karena Covid-19 di wilayah Bangli. “Harapan kita di Bangli tidak terjadi kasus meninggal dunia akibat Covid-19. Tapi kita harus siapkan langkah-langkah antisipasi fdan prosedur penanganannya,” katanya, Rabu (8/7/2020).

Ia melanjutkan, bagaimana cara dan proses yang dilakukan jika ada pasien Covid-19 meninggal dunia. “Dari Polres Bangli sudah menyiapkan personel pengawalan. 2 regu pasukan dari Kodim 1626/Bangli dipersiapkan untuk melakukan pengawalan dari rumah sakit rujukan sampai pemakaman atau kremasi sesuai agama yang dianut,” ucap Dandim yang karib disapa Letkol HTL itu.

Sementara itu, Berkaitan dengan prosedur aktivitas warga yang akan ke pasar Letkol HTL akan berkoordinasi dengan Pemda Bangli tentang Prosedur aktivitas di Pasar.

“Pengamanan di pintu masuk pasar petugas dari tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 siap siaga sesuai protokol kesehatan. Pengamanan dimaksudkan masyarakat lebih disiplin dan memperkecil klaster penyebaran di pasar tradisional,” ucapnya.


TAGS :

Komentar